Sakit Gigi? Coba Atasi dengan Lada, Cengkeh atau Asam Jawa

obat sakit gigi

Kamera Digital - Menjaga kesehatan gigi bukan perkara mudah untuk sebagian orang. Ancaman gigi berlubang dan sakit gigi bisa dirasakan siapa saja ketika tak memperhatikan makanan dan cara membersihkan gigi yang ala kadarnya.

Saat sakit gigi, pikiran Anda mungkin akan langsung menuju ke dokter gigi atau mencari obat pereda nyeri. Padahal, Anda bisa mencoba menyembuhkannya terlebih dahulu dengan rempah-rempah tertentu. Cobalah beberapa rempah-rempah di bawah ini untuk mengobati sakit gigi dan gigi berlubang seperti dilansir dari berbagai sumber:


Lada

Lada memiliki aroma yang cukup kuat. Namun lada juga dikenal sebagai antiseptik alami yang bisa menghambat perkembangan bakteri. Lada sangat penting untuk menyembuhkan sakit gigi maupun gigi berlubang Anda.

Caranya campurkan bubuk lada dan sedikit air. Lalu aduk-aduk hingga mengental. Kemudian oleskan campuran lada tersebut ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit dan kumur-kumurlah dengan air hangat untuk membersihkannya.


Bawang merah

Bawang merah selain dikenal sebagai pelengkap masakan, memiliki khasiat untuk menyembuhkan sakit gigi. Bawang merah mengandung antimikroba dan antiseptik alami untuk membunuh bakteri, termasuk di dalam gigi.

Caranya, haluskan bawang merah dengan garam. Lalu oleskan ke bagian gigi yang sakit.


Bawang putih

Sama seperti bawang merah, bawang putih juga mengandung antiseptik alami. Ambil satu siung bawang putih. Lalu haluskan dengan campuran garam.

Kemudian oleskan bawang putih yang telah dihaluskan tersebut pada gigi yang sakit. Jangan lupa untuk berkumur-kumur dengan air hangat setelahnya.


Cengkeh

Rempah dengan aroma yang unik ini mengandung anti oksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi. Kandungan tersebut dapat membunuh bakteri yang ada di dalam mulut dan gigi.

Caranya adalah dengan meneteskan minyak cengkeh ke gigi yang berlubang. Anda bisa menggunakan kapas atau cotton bud sebagai alat pembantu.


Jeruk nipis

Siapa yang tak mengenal rempah satu ini. Kerap digunakan sebagai penambah rasa asam dalam berbagai masakan berkuah, jeruk nipis juga mengandung asam nitrat yang dapat menghambat perkembangan bakteri di dalam gigi.

Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis dan campurkan perasan tersebut dengan air hangat. Lalu gunakan untuk kumur-kumur dan lakukan secara rutin.


Asam jawa

Sering digunakan dalam berbagai masakan, asam jawa memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan sakit gigi. Namun, yang harus Anda gunakan di sini adalah bijinya. Sangrai biji asam jawa dan haluskan hingga terasa lebih lembut. Oleskan ke bagian gigi yang sakit selama beberapa menit. Lalu berkumur-kumurlah untuk membersihkannya.

Previous
Next Post »