Wow, Cendol dan Kelapa Muda Masuk 50 Minuman Terenak di Dunia

cendol ataw dawet

Kamera Digital - Setelah rendang dan sate yang masuk 50 makanan terenak dunia, kini giliran minuman Indonesia yang unjuk gigi di kancah internasional.

CNN International merilis daftar 50 minuman terlezat di dunia pada 12 Juli 2017 lalu.

Di kategori makanan, CNN International menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia. Kira-kira di kelas minuman, siapa ya juaranya?

Siapa sangka minuman gerobak kaki lima ini bisa di posisi 45.

Cendol posisi ke-45 minuman terlezat di dunia menurut CNN International (www.vkeong.com) Cendol, minuman inilah yang menduduki nomor 45 dari 50 minuman terlezat di dunia.

Bahan baku pembuatan cendol aslinya adalah tepung hunkwe. Warna hijaunya diperoleh dari pewarna makanan. Kuah manis cendol adalah santan dan gula merah.


Mungkin ada yang bertanya apakah cendol dan dawet itu sama?

Menurut laman Jatenglive.com, ternyata tidak. Dawet terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Warna hijaunya diperoleh dari daun suji. Pada beberapa gerai, kuah dawet juga diberi potongan nangka.

Tekstur dawet lebih kenyal, sedangkan cendol cenderung lembut.

Cendol berhasil mengalahkan Yakult, Jepang (48), Guinness, Irlandia (47), dan Pina Colada, Puerto Rico (46).

Minuman andalan kalau selow di pantai, nangkring di posisi ke-19. Yup, minuman Indonesia dengan rating tertinggi adalah Es Kelapa Muda.


es kelapa muda

Es Klamud alias kelapa muda berada di tangga ke-19 dari daftar 50 minuman terlezat di dunia. Urutan 19 adalah nomor terbaik yang bisa diraih minuman asal Indonesia ini.

Es kelapa muda biasa disajikan dengan sirup atau gula merah dan daging kelapa yang dikerok. Ada juga yang menambahkan minuman ini dengan nata de coco atau jeli.

Kelapa muda asal Indonesia ini berhasil mengalahkan minuman terkenal, seperti Fanta, Jerman (43), Mojito, Kuba (38), Chocolate Milkshake, Amerika Serikat (28), Thai Iced Tea, Thailand (27), dan Bubble Tea, Taiwan (25).

Previous
Next Post »