5 Kebiasaan Remeh Yang Bisa Bikin Keuangan Jebol..

gaya hidup

Kamera Digital - Pepatah bijak 'rajin pangkal pandai dan hemat pangkal kaya' sudah diajarkan dari saat kita kecil. Namun, manfaatnya akan sangat terasa saat sudah dewasa atau sudah berpenghasilan sendiri.

Dalam kehidupan di era modern ini, ada begitu banyak godaan di sekeliling yang membuat seseorang terjebak gaya hidup boros tanpa sengaja dan dirasa.

Iklan digital melalui smartphone, lingkungan sekitar bak dalam bentuk teman dalam pergaulan maupun segala hal yang ada di pusat hiburan seolah membuat kita tak sadar mengeluarkan biaya yang seharusnya belum kita butuhkan.

Mungkin terkesan sepele, namun ternyata beberapa kebiasaan remeh tersebut seringkali membuat kantong jebol tanpa disadari. Berikut ulasan lengkapnya seperti ditulis cermati:


1. Tidak sabar membandingkan harga

belanja

Diskon, selain membuat orang jadi boros sebenarnya punya sisi positif, yaitu pembeli bisa mendapatkan produk dengan harga lebih murah dari harga normal.

Selama bisa menjaga diri untuk tidak konsumtif, maka membeli produk diskon bagus untuk dilakukan. Bahkan, seharusnya setiap barang yang Anda beli harus dibandingkan dan dicari versi diskonnya, sehingga bisa berhemat lebih banyak.


2. Mudah terjebak tawaran SPG

SPG

Seorang salesman atau SPG yang handal biasanya akan dibekali kemampuan untuk membujuk pelanggan agar tergoda membeli produk maupun jasa yang mereka tawarkan. Anda harus paham ini. Ingat, tidak semua produk yang mereka tawarkan, sesuai kebutuhan.

Penawaran ini biasanya banyak dilakukan di mall, restoran, salon atau yang lainnya, misalnya saja beli 1 dapat 2, naik plafon kartu kredit, nambah saldo dapat cash back dan sebagainya. Pastikan berfikir panjang terlebih dahulu, apakah produk yang ditawarkan tersebut memang dibutuhkan saat ini atau tidak.


3. Mudah buang receh

bank

Uang receh biasanya adalah hasil kembalian beli barang di toko, kembalian tiket tol dan sebagainya. Biasanya uang receh ini banyak bertebaran di tas, saku celana, atau ditempat lain dan jarang dikumpulkan dalam satu wadah yang rapi.

Padahal jika dikumpulkan, uang receh bisa digunakan untuk membeli barang yang berharga.


4. Hobi ambil uang di ATM lain

ATM

Mengambil uang di ATM yang sejenis tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Sesekali jika kondisi ATM bank yang kita tuju jauh dari lokasi, mengambil uang di ATM bank lain bisa dilakukan di zaman modern ini.

Namun demikian, ada konsekuensi biaya tambahan yang dibebankan. Jika darurat tidak masalah kita mengambil sesekali di ATM bank lain, namun jika dijadikan kebiasaan, sama saja dengan membuang uang untuk hal yang tidak perlu.


5. Mudah tergoda

belanja

Gaya hidup mudah tergoda untuk membeli barang pada pandangan pertama seperti ini harus dikurangi. Kebiasaan ini biasanya berawal dari hobi jalan-jalan dan berbelanja yang berakibat organ visual kita mudah tertarik akan sebuah produk yang terlihat 'eye catching'.

Sebelum melakukan pembelian, pikir dengan matang, apakah memang benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak.

Previous
Next Post »