John Walker, Ahli Kimia yang Berhasil Temukan Korek Api

John Walker

Kamera Digital - Sejarah modern dari perkembangan korek api berawal pada abad ke-19 Inggris. Seorang ahli kimia melihat pentingnya zat yang menyala sendiri dan berhasil menciptakan versi pertama dari barang-barang yang akan segera berhasil menyebar ke seluruh dunia.

John Walker merupakan seorang apoteker dan ahli kimia biasa yang memiliki wawasan yang luas dan inovasinya berhasil menendang seluruh industri modern korek api dan pemantik. Walker lahir di Stockton-on-Tees pada tahun 1781 sebagai putra John Walker yang merupakan pemilik pedagang grosir dan pedagang anggur dan ibunya Mary Peacock.

Walker memiliki 2 saudara laki-laki, yaitu James, Thomas, dan 2 saudara perempuan bernama Jane dan Mary. Sedikit yang diketahui tentang kehidupan mudanya, namun sejarawan mengklaim bahwa ia menghadiri sekolah tata bahasa lokal di Stockton-on-Tees dan kemudian mulai magang ke Watson Alcock sebagai ahli bedah dan dokter utama kota tersebut.


John Walker
John Walker

Ketika magang, Walker untuk sementara waktu bekerja sebagai asisten ahli bedah, sebelum mengetahui bahwa dia tidak dapat membiasakan diri melihat operasi darah dan operasi bedah.

Namun, waktu yang dihabiskan sebagai asisten ahli bedah membawanya lebih dekat ke bidang kimia, yang mendorongnya untuk mempelajari topik itu di Durham dan New York.

Setelah menghabiskan beberapa tahun belajar apotek dan magang sebagai pedagang grosir, ia kembali pada 1812. Walker akhirnya memberanikan diri untuk membuka tokonya sendiri sebagai "ahli kimia dan apoteker" di 59 High Street pada 1819.

Pada saat itu ia berusia 38 tahun dan merupakan salah satu apoteker langka di kota yang bekerja tidak hanya dengan bahan alami, tetapi juga dengan banyak zat kimia yang tidak banyak digunakan pada obat manusia atau hewan saat itu.

Bereksperimen dengan berbagai unsur kimia akhirnya berhasil, saat ia membuat pasta yang bisa terbakar menjadi api saat dikerok ke permukaan kasar.

Ia pertama kali melihat efek ini saat bekerja di perapian di rumahnya. Terobosan ini membuatnya menciptakan prototipe sederhana pertama yang dibuat dari tongkat kardus.

Pada 1824, ia mulai menjual karyanya tersebut, yang langsung menjadi sangat populer di kota asalnya. Dengan mengubah desain tongkat menjadi kayu panjang 3 inci, ia segera menerima tawaran pembelian dari kota-kota tetangga dan mulai menjual lebih banyak dan lebih banyak lagi.

Sayangnya, desain yang dibuatnya tidaklah sempurna, dan karena itu ia tidak pernah mau mematenkan temuannya tersebut. Sulfur di kepala tongkat itu terkadang dibakar begitu terang dan panas, sehingga berhasil melepaskan diri dan jatuh ke lantai dan akhirnya merusak karpet atau bahkan pakaian orang-orang yang memegang korek api.

Sir Isaac Holden secara independen mengambil alih bisnis yang ditinggalkan Walker yang belum selesai dan mulai menjual korek apinya sendiri di seluruh dunia dan mendapatkan ketenaran sebagai penemu korek api.

Previous
Next Post »