6 Jenis Rempah Yang Dapat Memperbanyak ASI, Jahe Salah Satunya

Tips ASI lancar

Kamera Digital - Memperbanyak air susu ibu (ASI) dengan menggunakan rempah-rempah ternyata bukan sekedar mitos lho. Asupan makanan serta minuman yang dikonsumsi seorang ibu saat menyusui melalui rempah-rempah terbukti dapat membantu memperbanyak ASI sehingga dapat memberikan gizi terbaik bagi bayi.

Kepala Divisi Edukasi AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Kalimantan Barat, Dian Rakhmawati menjelaskan beberapa jenis rempah dapat membantu agar sang ibu banyak memproduksi air susu sehingga bayi tak kesulitan mendapatkan asupan makanan, yang banyak dialami oleh ibu-ibu pasca melahirkan.

Berikut beberapa jenis rempah yang membantu memperbanyak ASI:


1. Fenugreek

fenugreek

Biasanya orang Kalimantan barat menyebut Kelabat atau Lebbah, dimana masyarakat terbiasa menggunakan Fenugreek untuk bumbu gulai. Sekarang banyak dimanfaatkan untuk memperbanyak ASI.

"Biasanya sudah tersedia dijual dalam kemasan semacam berbentuk teh herbal atau juga susu soya. Banyak ibu ibu baru yang memanfaatkannya sebagai minuman apalagi sudah tersedia bebas dalam kemasan," ungkapnya kepada Okezone, pada Sabtu (21/10/2017) lalu.


2. Jahe

jahe

Digunakan oleh ibu ibu sehabis persalinan menjadi minuman. Khasiatnya menghangatkan, apalagi jika ASI di payudara dalam kondisi sudah membendung atau bengkak. Mengurangi meriang meminum jahe hangat bisa meringankan sang ibu terhindar dari penyakit tersebut.


3. Daun katuk

daun katuk

Daun Katuk juga bagus untuk memperlancar dan memperbanyak ASI diawal awal ibu menyusui.


4. Pare

Buah pare

Pare, kegunaannya juga untuk memperlancar dan memperbanyak ASI. Biasanya disajikan dengan jus, meski sedikit pahit namun berkhasiat khususnya untuk ibu yang ingin asinya kental.


5. Kunyit

kunyit

Berguna bagi ibu menyusui, biasanya orang di perhuluan Kalimantan barat yaitu di Kabupaten Sanggau menggunakan kunyit, ditambah jahe dan ulekan ikan lais salai (ikan khas Kabupaten Sanggau) dimasak kemudian dijadikan panganan teman untuk makan nasi.

"Nama khasnya sambal edan, dikonsumsi untuk menghangatkan dan tentu saja mujarab untuk ibu pasca persalinan," katanya.


6. Jantung pisang

Jantung Pisang

Dipercaya dapat memperbanyak ASI, dan biasanya digunakan dihari hari awal ibu menyusui.

AIMI sendiri diakui mantan jurnalis ini sebenarnya tidak ada yang mengkhususkan kepada ibu menyusui untuk memakan sesuatu atau mengkonsumsi sesuatu.

"Namun semua makanan yang membuat ibu menyusui senang, happy dan bahagia silahkan dimakan. Karena banyaknya ASI diperoleh dari seringnya ibu menyusui. Semakin sering ASI dikeluarkan dari payudara maka akan semakin sering payudara memproduksi ASI," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk jenis makanan, merupakan faktor dari luar saja, karena yang terpenting ibu tidak tertekan.

"Beberapa rempah yang dapat memperbanyak ASI, hanya stimulan, dikonsumsi jika menambah rasa percaya diri ibu akan asinya melimpah silahkan, karena ibu menyusui tidak ada pantangannya," pungkasnya.

Previous
Next Post »