7 Manfaat Asam Jawa Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Asam jawa

Kamera Digital - Tumbuhan asam berwarna cokelat sangat bermanfaat bila dikonsumsi. Karena mengandung banyak nutrisi, selain bermanfaat untuk melezatkan makanan.

Asam dikemas dengan berbagai macam vitamin, terutama vitamin B & C, antioksidan, karoten dan mineral seperti magnesium dan potasium. Seseorang biasanya memanfaatkan ekstrak asam sebagai minuman atau pelezat makanan.

Sebagian besar asam ditambahkan pada beberapa jenis masakan. Di sisi lain, asam memiliki kaya manfaat yang melimpah seperti penjelasan berikut, dilansir Boldsky, pada Selasa (31/10/2017) lalu.


Menurunkan berat badan

Asam mengandung asam hidroksi sitrat, juga disebut HCA yang memperlambat produksi lemak, mirip dengan asam sitrat. Manfaatnya tentu dapat menghambat enzim, juga dapat meningkatkan penyimpanan lemak. Dengan demikian, konsumsi asam dapat melawan obesitas karena bisa membantu menurunkan berat badan.


Melancarkan sistem pencernaan

Konsumsi masakan yang dibumbui dengan asam jawa dapat melancarkan sistem pencernaan. Anda akan terbebas dari sembelit, perut mulas dan lancar buang air besar selalu.


Mencegah ulkus peptik

Ulkus peptik adalah luka yang menyakitkan yang muncul di perut dan usus halus. Senyawa polifenol dalam ekstrak biji asam jawa memiliki efek melindungi bagian pencernaan. Karenanya, daripada sering merasakan nyeri, lebih baik konsumsi makanan dengan tambahan asam jawa.


Baik untuk jantung

Studi telah membuktikan bahwa asam jawa adalah buah yang sangat ramah bagi organ tubuh. Termasuk kandungan flavonoid yangdapat menurunkan kolesterol jahat, yang memicu risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan potasium yang tinggi dalam asam jawa sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi berbahaya.


Mencegah flu dan batuk

Asam jawa adalah bahan pangan yang kaya vitamin C, tentunya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, Anda juga dapat mencegah batuk dan flu. Minumlah secangkir air asam dalam bentuk teh untuk menenangkan tenggorokan saat batuk dan pilek.


Mengobati asma

Penelitian telah membuktikan bahwa asam jawa memiliki khasiat antihistamin, yang sangat efektif untuk mengobati asma alergi. Karenanya, bagi Anda yang menderita asma bisa mengonsumsinya supaya tidak menyebabkan aneka gangguan kesehatan, terutama terkait alergi.


Melindungi organ hati

Asam jawa juga melindungi hati dari penyakit. Ini sangat baik dikonsumsi bagi orang yang suka minum alkohol yang rentan menderita kerusakan hati. Konsumsilah ekstrak asam jawa yang bermanfaat supaya tidak merugikan diri sendiri.

Previous
Next Post »