Anak Zaman Now Masih Minta Uang ke Orang Tua? Begini Cara Mengatasinya!

Tips Keuangan

Kamera Digital - Saat ini zaman semakin modern dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga sekarang banyak orang yang tak terpisahkan dari gadget atau smartphone. Bahkan saat berkumpul bersama keluarga dan sahabat sudah tak seintim biasanya karena fokus dengan smartphone masing-masing.

Di era teknologi ini yang paling terkena dampaknya adalah generasi milenial terbaru (generasi Z) atau sering disebut kids zaman now. Pasalnya anak sekarang selalu ingin mengikuti perubahan yang ada seperti pergantian smartphone baru hingga gaya hidup layaknya kaum jenset.

Perencana Keuangan Prita Hapsari Ghozie mengatakan sah-sah saja kaum milenial untuk mengikuti zaman asalkan masih ada batasan. Tapi bagi generasi milenial ke-3 atau generasi Z pasti belum bekerja dan disarankan untuk tidak mengikuti. Dalam hal inilah dibutuhkan pendampingan orang tua.

"Oh ya kalau belum berpenghasilan belum bisa mandiri pasti minta orang tua atau usaha. Tapi utamanya kan belajar sehingga tugas orang tua untuk bimbing anaknya dibutuhkan," ungkapnya kepada Okezone.

Senada, Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan bahwa anak milenial yang masih sekolah, masih kuliah atau belum kerja pasti meminta uang dan bergantung pada orang tua. Oleh karena itu, Anda harus bisa membatasi diri dan tidak terlalu mengikuti gaya hidup sekarang.

"Tapi misalnya sudah bisa nyari uang sendiri dengan halal memang lebih baik lagi. Di situlah orang tua mulai harus bisa menanamkan prinsip-prinsip pengelolaan uang dengan baik. Bukannya justru berprinsip karena sudah bisa cari uang sendiri maka bisa bebas beli-beli apa aja," tukasnya.

Previous
Next Post »