Tutorial Menyimpan Lensa dan Kamera Yang wajib Anda Ketahui

Tutorial Menyimpan Lensa dan Kamera

Artikel Seputar Tutorial Menyimpan Lensa dan Kamera, Kamera Fotografi kini Tak lagi barang mewah pada sebagian orang, banyak orang yang kini memilikinya, terlebih bagi pecinta Fotografi, dan yang dibuat untuk Usaha misalnya pelaku Modelling, harga memang belum tergolong pass di kantong, tapi Tak menghalangi banyak orang dan anak anak memilikinya, bahkan para mahasiswa pun saat ini sudah banyak dan yang memilikinya .

Tutorial Menyimpan Lensa dan Kamera. Kita hidup di daerah yang tropis, artinya kelembaban yang cukup tinggi (tepatnya diatas 70%), belum lagi saat musim hujan angka itu akan bertambah naik. Menyimpan kamera dan juga lensa dalam waktu lama saat Tak dipakai membutuhkan strategi dan juga penyimpanan Eksklusif untuk Bisa memerangi kelembaban.

Tutorial Menyimpan Lensa dan Kamera
Kenapa Kelembaban Yang Tinggi Buruk Untuk Kamera dan Juga Lensa?
Kelembapan yang tinggi dan juga terus- menerus Bisa merusak komponen elektronis dan sensor kamera, sementara Fungi Bisa tumbuh dan juga berkembang di optik lensa. Sekali Fungi tumbuh, maka kualitas optik Bisa terpengaruh dan kita wajib repot untuk Bisa membersihkannya. Kalau jamurnya sudah menempel di permukaan luar maka masih gampang, kalau tumbuhnya sudah di dalam elemen lensa yang ada di bagian dalam kita akan sangat kerepotan untuk membersihkannya, biaya membersihkan lensa antara Rp 250 ribu hingga dengan Rp. 750 ribu, tergantung kesulitan dan juga tempat servisnya.

kenapa Kelembapan Yang Terlalu Rendah Juga Tak Bagus?
Kamera dan lensa mempunyai komponen mekanis yang wajib bergerak dengan lancar, tahukah anda di dalam lensa ataupun kamera juga dikasih oli supaya gerakan mekanis lancar dan juga Tak seret? Nah kalau anda sering menempatkan kamera dan juga lensa di area yang sangat kering maka akan beresiko fungsi mekanis Bisa terganggu.

Berapakah Angka Kelembapan Ideal?

Angka sekitar 40 hingga dengan 50 % RH (relative humidity atau kelembapan relatif) yaitu ideal untuk kamera dan lensa menurut berbagai macam artikel. Anggaran paling aman yaitu cek di bagian manual lensa dan kamera anda, tinggal cari Perkataan-Perkataan ideal untuk operating range, setelah itu cek rentang kelembapan yang disarankan. Untuk penyimpanan jangka panjang, angka tadi Bisa dibagi dengan angka dua. Contohnya, angka operating humidity yang ideal untuk Canon 5D Mark II yaitu 85 %. Maka penyimpanan yang ideal yaitu 35 hingga 45%.

Beberapa Cara Penyimpanan Yang Terbaik
Berikut yaitu beberapa cara penyimpanan yang Bisa anda lakukan untuk Bisa menjaga kondisi lensa dan kamera supaya tetap optimal dan prima;

•    Belilah Dry Cabinet atau Dry Box Yang Eksklusif, dry cabinet yaitu lemari yang Eksklusif dirancang untuk menyimpan barang-barang elektronik. Anda Bisa membelinya di toko kamera ataupun toko alat rumah tangga yang besar. Harga dry cabinet yang paling murah yaitu sekitar Rp. 1 Juta.

•    Silica Gel dan Kotak Yang Kedap Udara, Untuk alternatif murah anda Bisa memakai kotak kedap udara yang biasa dipakai menyimpan dan juga menaruh beberapa kantong silica gel. Anda juga Bisa membeli silica gel Eksklusif yang dilengkapi dengan indikator warna untuk mengetahui kandungan air yang ada dalam gel. Harga kotak silica gel berkisar sekitar Rp 0 ribu.

•    Saya sarankan untuk Tak membeli kotak penyimpanan kamera yang sudah dilengkapi elemen pemanas, resiko elemen akan menjadi terlalu Hangat agak cukup besar.

Previous
Next Post »