Cara menemui Foto Landscape Yang Super Tajam Yang wajib Anda Tau

Cara menemui Foto Landscape Yang Super Tajam

Artikel Seputar Cara menemui Foto Landscape Yang Super Tajam, Kamera Fotografi kini Tak lagi gadget mewah pada sebagian orang, banyak orang yang kini memilikinya, terlebih bagi pecinta Fotografi, dan yang dibuat untuk Bisnis misalnya seorang Modelling, harga memang belum tergolong pass di kantong, tapi Tak menjadi kendala sebagian orang dan anak anak memilikinya, termasuk para mahasiswa pun saat ini sudah banyak juga yang memilikinya sebab sudah banyak sekolah dan universitas yang mempunyai Jurusan Broadcasting.

Untuk mengambil gambar pemandangan ataupun view yang cenderung meluas, para fotografer umumnya memakai teknik pengambilan gambar dengan cara landscape. Namun ternyata kebanyakan mereka atau mungkin anda sendiri belum memahami betul mengenai cara menemui foto landscape dengan tampilan yang super tajam.

Cara menemui Foto Landscape Yang Super Tajam

Pada dasarnya untuk menemui hal tersebut cukup sederhana yaitu dengan menghindari adanya getaran saat shutter terbuka, memilih aperture dan fokus yang tepat. Untuk anda yang ingin belajar mengenai pemahaman seputar teknik pengambilan gambar landscape, berikut cara menemui foto landscape yang super tajam.

1. Gunakan Lensa Wide Angle Berkualitas Tinggi

Langkah pertama yang Bisa anda lakukan sebagai cara menemui foto landscape yakni dengan memasang filter circular polarizer (filter CPL) pada lensa anda. saat anda mendapati lensa yang murah maka kamera anda akan menjalankan defocus saat anda memutar filter (CPL). Saat anda mendapati fokus yang sempurna pada komposisi landscape anda dan ingin memutar filter CPL yang terpasang pada lensa, maka lensa akan Dehidrasi fokusnya sebab adanya gerakan dan tekanan saat memutar filter. Oleh sebab itu, wajib diingat bahwa anda wajib menjalankan pemfokusan kembali sebelum menekan tombol shutter.

2. Gunakan Tripod Yang Kokoh Dengan Ball Head Yang Kuat

Anda wajib memastikan posisi center column berada pada posisi yang paling rendah. Anda juga Bisa pula meletakkan pemberat misalnya dengan tas kamera sehingga kekuatan tripod lebih stabil.
Cara menemui foto landscape juga wajib memastikan bahwa ball head wajib dalam keadaan terkunci kuat setelah anda menjalankan komposisi pada foto tersebut. Ada baiknya anda juga mematikan fitur images stabilizer dan vibration reduction pada lensa saat penggunaan tripod.

3. Fokus Pada Jarak

Sebisa mungkin anda jangan memfokuskan objek yang dekat dengan posisi anda. namun cara menemui foto landscape yaitu anda wajib terfokus pada objek yang berada setengah jarak hingga dengan infinity. Anda Bisa memakai teknik hyperfocal distance untuk Bisa menemui foto landscape yang tajam yang Bisa anda dapatkan dari foreground hingga ke background.

4. Pilih Aperture dari Mid Range hingga Aperture Sempit

Hal ini cukup penting dilakukan untuk anda yang menginginkan foto landscape supaya terlihat tajam dari depan hingga ke belakang bahkan hingga Menyeluruh frame. Cara menemui foto landscape yang wajib anda lakukan yaitu dengan memilih aperture dengan depth of field yang lebar.
Jadi, anda Bisa memilih aperture mulai dari f/11 atau f/16 tergantung dengan seberapa dekat jarak anda dengan foreground. Hindari penggunaan aperture yang sempit seperti f/22 sebab akan membuat foto Anemia tajam sebab terkena difraksi cahaya.

5.    Gunakan Mode Live View

Apabila anda mempunyai kamera DSLR dengan optikal viewfinder, maka sangat di rekomendasikan untuk memakai mode live view serta gunakan pemfokusan manual pada lensa supaya menemui fokus yang tajam.

Previous
Next Post »