Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang - Tutorial Foto Starburst Yang wajib Anda Tau

Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang - Tutorial Foto Starburst

Artikel Seputar Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang - Tutorial Foto Starburst, Kamera Fotografi sudah bukan lagi gadget mewah dikalangan banyak orang, banyak orang yang saat ini memilikinya, terlebih bagi pecinta Fotografi, dan yang dibuat untuk Usaha misalnya seorang Modelling, harga memang belum tergolong pass di kantong, tapi Tak menjadi kendala banyak orang dan anak anak memilikinya, termasuk para siswa pun saat ini sudah banyak juga yang memilikinya sebab sudah banyak sekolah dan universitas yang mempunyai Jurusan Broadcasting.

Tutorial Foto Starburst : Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang - Apakah anda pernah melihat suatu foto yang terlihat seperti bintang berpendar yang nampak bersumber cahaya pada malam hari?. Pastinya foto yang di hasilkan tersebut terlihat keren sebab menghasilkan Imbas yang terkesan nyata. Dalam dunia fotografi Imbas yang digunakan tersebut di kenal dengan nama starburst.

Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang -Tutorial Foto Starburst
Untuk membuat jepretan yang menghasilkan Imbas starburst ini anda wajib memahami cara membuat bukaan lensa sekecil mungkin. Artinya anda wajib memakai angka aperture yang besar dengan ukuran f/11-f/22. Tak hanya itu anda juga sebaiknya memanfaatkan lensa yang mempunyai focal length lebih pendek.

Tutorial foto starburst memang lebih mengedepankan pencahayaan dimana dengan cara fisika cahaya tersebut akan menjalani penyebaran (difraksi) saat melewati celah sempit pada lensa. Sifat penyebaran inilah yang membuat sumber cahaya yang di hasilkan dari sinar matahari, bulan, ataupun lampu akan terlihat lebih berpendar dan pada tepi akan menghasilkan bentuk seperti lidah. Untuk jumlah yang di hasilkan akan bergantung pada jumlah bilah atau blad aperture dalam lensa yang anda gunakan. Anda Bisa melihat dari spek lensa yang anda miliki yang biasanya sudah tertera di bagian menu tombol kamera.

Untuk lebih memudahkan anda dalam membuat Imbas starburst tersebut pada setiap obyek yang akan anda bidik, berikut Tutorial foto starburst yang Bisa anda coba.

1. Perhatikan Setting Kamera

Langkah pertama yang Bisa anda coba yaitu dengan memperhatikan settingan pada kamera anda. Jenis foto ini ada Bisa memakai angka f yang tinggi misalnya f/11 tau bahkan lebih besar. Untuk set ISO anda Bisa membuatnya lebih rendah di bawah 400, sebab dalam hal ini anda akan memotret long exposure.

Anda Bisa memakai mode manual juga aperture priority yang wajib anda perhatikan angka matering kamera. bila anda memotret pada malam hari akan ada kecenderungan over exposure atau akan menghasilkan gambar terlalu terang. Untuk itu anda Bisa memakai exposure compensation yang angkanya bervariasi sesuai dengan lingkungan sekitar. Anda Bisa memakai under 1 stop sebagai awal, selanjutnya anda Bisa menyesuaikannya.

2. Gunakan Tripod

Memotret saat malam hari dengan memakai angka f yang besar dan di atas f/18 membuat shutter speed berjalan sangat lama yaitu di atas 25 detik. supaya lebih main dan Tak membantu proses pembidikan maka Tutorial foto starburst ini sebaiknya anda memakai tripod supaya hasil yang didapatkan seperti lukisan graffiti.

3. Setting Fokus

Dengan anda memakai angka aperture yang besar, anda tentu Tak terlalu pusing memikirkan fokus. Meskipun begitu, supaya lebih aman Tutorial foto starburst anda Bisa mengambil titik fokus dengan cara manual. Anda Bisa menyetingnya pada bagian infinity.

4. Manfaatkan Highlight Alert Kamera

Anda Bisa pula memperhatikan highlight alert pada kamera. Bagian tersebut merupakan peringatan bling-bling yang muncul di LCD saat hendak memotret subyek yang terang.

5. Mulai Memotret

bila anda belum menemui hasil yang diinginkan, jangan malas untuk menyetting kembali pengaturan di atas.

Previous
Next Post »