Terungkap! Ini Penyebab Waktu Seolah Berjalan Cepat

Info unik soal waktu

Kamera Digital - Ketika Anda bersenang-senang biasanya Anda akan merasa waktu berjalan dengan cepat. Namun, apakah waktu benar-benar lebih cepat? Para ilmuwan telah menyelidiki hal tersebut.

Banyak ilmuwan berpendapat kita mengukur waktu dengan cara seolah-olah terdapat dentang jam yang berjalan di dalam kepala manusia. Tanpa sadar, manusia menghitung setiap detik untuk meninjau seberapa banyak waktu yang terlewat.

Berikut penjelasan penyebab waktu dapat terasa lebih cepat atau lebih lambat dalam momen tertentu.


Senang

Saat merasa senang, biasanya manusia fokus pada apa yang manusia kerjakan sehingga ia tidak menyadari seberapa banyak waktu yang terhitung oleh otak.

Saat manusia selesai dari pekerjaan, manusia hanya memiliki sedikit waktu untuk dihitung. Hal tersebutlah yang membuat manusia merasa bahwa waktu berjalan begitu cepat.

Itulah yang membuat waktu berlalu sangat cepat ketika manusia bersenang-senang.


Bosan

Saat merasa bosan, manusia berharap waktu akan berjalan dengan cepat, namun sebaliknya, waktu jadi terasa sangat lama.

Ketika tak ada hal yang manusia kerjakan, perhatian manusia akan teralihkan pada perhitungan waktu yang otak manusia lakukan sehingga terasa banyak waktu yang berjalan.

Semakin manusia siaga terhadap berjalannya waktu, semakin lama pula rasanya waktu terlewati.


Takut

Ketika manusia merasakan emosi yang kuat seperti rasa takut, waktu akan terasa melambat. Hal ini kadang terjadi saat hal buruk akan terjadi seperti terjatuh dari sepeda atau menjatuhkan sesuatu.

Dalam studi ilmiah, saat orang-orang yang takut dengan laba-laba diperlihatkan gambar hewan tersebut selama beberapa detik, mereka mengira telah menatapnya lebih lama dari sebenarnya.

Dilansir dari BBC, pada Selasa (21/11/2017) lalu, dalam sebuah penelitian, para ilmuwan melakukan percobaan pada beberapa orang dengan menunjukkan jam yang berjalan lebih cepat dari seharusnya, untuk membuat mereka berpikir bahwa waktu berlalu dengan cepat.

Orang-orang tersebut merasa mereka menjalani waktu yang menyenangkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa bukan hanya waktu yang terasa lebih cepat ketika Anda bersenang-senang, tetapi Anda juga akan merasa lebih senang saat berpikir waktu berjalan dengan cepat.

Di sisi lain, saat jam berjalan lebih lambat dari seharusnya, mereka merasa tidak bersenang-senang.

Previous
Next Post »