Inilah Penyebab dan Solusi Kenapa Hasil Foto Tak Tajam Yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Penyebab dan Solusi Kenapa Hasil Foto Tak Tajam

Sebelum bicara seputar Inilah Penyebab dan Solusi Kenapa Hasil Foto Tak Tajam, Camera sudah bukan lagi gadget mewah dikalangan banyak orang, banyak orang yang saat ini memilikinya, terlebih untuk penikmat Fotografi, dan yang dibuat untuk Bisnis misalnya pelaku Modelling, harga memang belum tergolong pass di kantong, tapi Tak menghalangi banyak orang dan anak anak memilikinya, termasuk para siswa pun kini sudah banyak dan yang memilikinya sebab sudah banyak tempat belajar yang mempunyai Jurusan Broadcasting.

Inilah Penyebab dan Solusi Kenapa Hasil Foto Tak Tajam? - Mengapa hasil foto objek masih belum tajam? Pertanyaan itu banyak diajukan oleh orang-orang yang sedang belajar fotografi, atau fotografer pemula. Mereka mengeluhkan akan hasil jepretannya yang masih Anemia tajam. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut kita wajib memahami terlebih dahulu alasan atau penyebab hasil fotografi kita masih belum tajam tersebut. Berikut jawabannya :


Alasan penyebab hasil foto masih belum tajam :

1. Kecepatan Shutter Speeed
Belajar fotografi memang susah-susah gampang, apalagi untuk yang belum pernah memegang kamera. dalam dunia fotografi ada Anggaran yang penting wajib diperhatikan yakni Tak diperbolehkan untuk memakai shutter speed yang lebih lambat dari 1/panjang focal. Seperti saya contohkan berikut ini, saat kita memotret memakai lensa dengan panjang 50mm, sebaiknya untuk memakai shutter speed sebesar 1/60 atau lebih Cepet lagi. Dan anda juga wajib memegang kamera dengan stabil Tak begoyang. Begitu juga saat anda memakai lensa yang lebih panjang, seperti lensa tele anda wajib memakai kecepatan diatas 1/250 atau melebihi panjang tele yang anda gunakan.

2. Pergerakan Objek
Setelah itu anda wajib memperhatikan pergerakan dari objek yang anda ambil. Anda wajib membedakan perlakuan memakai teknik fotografi terhadap objek bergerak dan objek diam. Sebagi contoh : anda wajib Bisa membedakan perlakukan teknik mengambil gambar terhadap mengambil gambar mobil parkir, dan terhadap mobil yang sedang berjalan. Karna ini akan mempengaruhi ketajaman hasil foto nanti.

3. Wide Open
Penggunaan lensa dengan cara Publik mempunyai titik kelemahan, yakni saat memotret memakai lensa jangan memakai aperture yang besar, sebab buka  hasil foto yang tajam kita dapatkan justru hasil foto kita akan terlihat Anemia tajam.

4. Penggunaan ISO
Penggunaan ISO yang terlalu tinggu juga mempunyai kelemahan, yakni beresiko akan menghasilkan foto yang noise tinggu juga. Namun saat ini kamera terbaru telah mendukung dalam hal menyembunyikan ISO meskipun Tak Bisa benar-benar disembunyikan. Kemampuan itupun hanya dimiliki oleh kamera yang dijual dengan harga mahal, nah untuk kamera yang murah Tak mempunyai dukungan tersebut, sehingga mengharuskan kita tetap memperhatikan dalam hal penggunaan ISO.

5. Pencahayaan
Kondisi pencahayaan terhadap objek yang sedang kita ambil juga akan mempengaruhi ketajaman hasil fotografi kita. Jadi untuk menemui hasil fotografi yang tajam dan mempunyai kualitas yang bagus kita wajib memperhatikan komposisi pencahayaan yang ada. Gunakan flash saat pencahayaan pada objek terasa rendah atau Tak cukup untuk membagikan pencahayaan pada objek.
Nah itulah tadi penyebab mengapa hasil foto masih belum tajam dan hal-hal yang wajib kita perhatikan untuk menemui hasil foto yang tajam. Semoga bermanfaat 😊

Previous
Next Post »