Alasan Alis dan Bulu Mata Tak Tumbuh Sepanjang Rambut

dunia Science

Kamera Digital - Rata-rata manusia menumbuhkan rambut sepanjang 950 kilometer sepanjang hidupnya. Namun, apakah Anda tahu mengapa rambut pada bulu mata dan alis tidak tumbuh sepanjang rambut?

Alis dan bulu mata tidak memerlukan perawatan khusus dalam pertumbuhannya. Mereka akan tinggal dengan panjang yang selayaknya, walaupun mungkin ada beberapa orang yang memilki alis yang tebal.

Terdapat 3 fase siklus pertumbuhan rambut, antara lain fase anagen (pertumbuhan), fase catagen (tansisi), dan fase telogen (istirahat).

Seperti yang dilansir dari MentalFloss, pada Rabu (15/11/2017) lalu, berikut adalah penjelasannya.


Fase Anagen

Sekiranya 85% rambut di kepala Anda berada dalam fase ini secara bersamaan. Selama tahap ini, tumbuh sel baru pada folikel rambut dan untai rambut semakin panjang dengan kecepatan pertumbuhan 15 sentimeter per tahun.


Fase Catagen

Pada fase ini, folikel rambut mulai menyusut hingga seperenam dari panjang aslinya. Hal ini menyebabkan helaian rambut terlepas dari suplai darah dan mendorong menuju permukaan kulit.


Fase Telogen

Dua minggu kemudian, fase telogen mengambil kendali. Pada tahap ini rambut akan terbengkalai selama beberapa bulan sebelum siklus dimulai kembali. Fase telogen membuat helai rambut menjadi sangat mudah untuk ditarik.

Terdapat 10%-15% rambut di kepala Anda sedang mengalami fase ini, jadi tidak perlu khawatir jika Anda menemukan beberapa untai rambut Anda terjatuh ketika beraktivitas.

Namun, sebaiknya segera hubungi dokter jika frekuensi rontoknya rambut Anda tidak normal.

Terjadinya fase anagen bisa sangat bervariasi, tergantung pada letak rambut yang tumbuh di tubuh Anda. Mulai dari 30 hari untuk bulu mata, hingga rata-rata 6 tahun untuk rambut di kepala. Semakin lama rambut berada dalam fase tersebut, semakin lama pula pertumbuhannya.

Bulu mata dan alis melewati fase anagen jauh lebih pendek dibandingkan rambut kepala. Mereka tidak memiliki kesempatan untuk tumbuh lama. Folikel pada kulit kepala tidak sama dengan yang ada di bagian tubuh lain.

Hal ini karena pada kulit kepala menggunakan protein daur ulang atau protein berlebih sehingga tubuh Anda tidak perlu menumbuhkan rambut dalam waktu yang lama.

Setiap orang memiliki jangka waktu yang berbeda untuk masing-masing fase dalam siklus pertumbuhan rambut, tergantung dengan genetika. Beberapa orang hirsute (memiliki bulu yang panjang dan tebal) melewati fase anagen lebih lama.

Hal ini memungkinkan mereka memiliki rambut yang tumbuh terlalu panjang di beberapa bagian tubuh.

Previous
Next Post »