11 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami Dalam 1 Minggu

Tips merawat wajah

Kamera Digital - Wajah halus memang tidak dimiliki oleh semua orang. Ada yang karena sering terkena polusi dan debu mengakibatkan kulit kering sehingga mengelupas. Ada pula yang karena memiliki bekas jerawat atau bopeng atau bahkan terkadang bekas cacar air yang ada di wajah. Bisa juga karena terdapat beka luka di wajah.

Hal-hal yang membuat wajah menjadi tidak halus ini terkadang membuat orang terganggu aktivitasnya. Mengapa? Bisa saja karena merasa tidak percaya diri dengan wajah yang selalu mengelupas atau banyak bopeng.

Banyak orang yang demi memiliki kulit halus, rela mengeluarkan banyak uang untuk merawat wajah salah satunya agar kulit wajah halus dan mulus alami. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Memang dengan datang ke salon atau klinik kecantikan, wajah halus dan mulus alami dapat didapat dengan instan. Tapi tahukah Anda, alam telah menyediakan banyak bahan yang dapat digunakan untuk menghaluskan wajah secara alami.

Dengan melakukan cara menghaluskan wajah secara alami, Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang banyak dan datang ke salon atau klinik kecantikan.


Cara menghaluskan wajah

Scrub kopi dan gula

scrub kopi dan gula
Sumber foto: offbeatandinspired.com

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering hingga mengelupas atau bersisik, Anda bisa menggunakan kopi dan gula sebagai scrub cara menghaluskan wajah secara alami.

Kopi memang lumrah digunakan sebagai minuman begitu juga gula sebagai perasa, namun selain itu gabungan kedua bahan ini dapat digunakan sebagai scrub agar kulit mati pada kulit wajah terangkat sehingga wajah menjadi halus dan mulus.

Caranya adalah dengan membuat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Kemudian tambahkan 1 sdm gula pasir.

Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

Scrub tomat dan kopi

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, tidak berminyak, dan menghaluskan wajah. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu tambahkan 2 sdm bubuk kopi hingga tumbukan tomat dan bubuk kopi menjadi pasta.

Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

Masker tepung beras

tepung beras
Sumber foto: ndtvimg.com

Tepung beras memiliki kandungan yang hampir sama dengan beras asli. Kandungan tepung beras antara lain; karbohidrat, zat besi, kalsium, protein, dan vitamin C. Dari kelima kandungan tersebut itulah, tak perlu dipungkiri lagi bahwa tepung beras merupakan cara menghaluskan wajah secara alami yang tepat.

Selain menghaluskan wajah, tepung beras juga dapat menyerap minyak, menyamarkan noda hitam, menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, dan mengencangkan kulit wajah.

Cara menggunakan tepung beras untuk menghaluskan wajah yang bopeng atau wajah bekas jerawat mudah saja. Larutkan tepung beras hingga berbentuk pasta.

Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit atau masker tepung beras mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat.

Masker putih telur, jeruk nipis, dan madu

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Sedangkan jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C yang akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Begitu juga dengan madu sebagai pelembap alami wajah yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati sehingga kulit wajah menjadi halus dan mulus.

Maka tidak bia dipungkiri dengan kombinasi ketiga bahan di atas maka Anda mendapati wajah Anda menjadi halus dan mulus secara alami.

Caranya adalah dengan mencampur 1 buah telur yang diambil putih telurnya saja dan mencampurnya dengan 1 sdm air perasan jeruk nipis dan 2 sdm madu.

Oleskan pada wajah secara merata kemudian diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

Masker lemon dan madu

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikutnya adalah lemon. Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

Dengan mencampur 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu, Anda akan mendapat kulit halus dan mulus.

Masker kulit jeruk dan lemon

Tidak hanya air perasannya saja yang berguna sebagai cara menghaluskan wajah, kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai cara menghaluskan wajah secara alami berikutnya. Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C.

Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna untuk menghaluskan wajah dan menghilangkan noda di wajah.

Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air perasan lemon hingga berbentuk pasta.

Oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Masker alpukat dan madu

Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C.

Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal dan juga halus.

Caranya adalah dengan menumbuk halus buah alpukat kemudian campurkan dengan 2 sdm madu. Gunakan sebagai masker, oleskan pada wajah secara merata, dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Masker pepaya dan minyak zaitun

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit Anda, dan menghaluskan wajah Anda.

Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Sedangkan kandungan zat linoleic acid yang adal dalam minyak zaitun akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini, serta berguna pula sebagai cara menghaluskan wajah.

Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Caranya adalah dengan menghaluskan buah pepaya lalu campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Masker pisang dan yogurt

pisang dan yogurt
Sumber foto: 10thkitchen.com

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk menghaluskan wajah secara alami. Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc.

Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami.

Haluskan 1 buah pisang kemudian tambahkan 2 sdm yogurt. Campur hingga merata kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Masker mentimun

mentimun
Sumber foto: shutterstock.com/Jakub Pavlinec

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan lingkar mata hitam Anda, dan juga menghaluskan kulit wajah.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan memarut timun lalu aplikasikan pada seluruh wajah.Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

Gel lidah buaya

lidah buaya
Sumber foto: Shutterstock/Praisaeng

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain itu, gel lidah buaya juga berguna untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar.

Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Pasta gigi

pasta gigi
Sumber foto: www.diyhealthremedy.com

Kebanyakan pasta gigi mengandung fluoride dan mineral yang dapat dipakai sebagai salah satu cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah.

Namun tidak bisa ditampik memang karena pasta gigi merupakan hasil pabrik yang tentu saja terbuat dari bahan kimia dan tidak alami. Oleh karena itu Anda bisa memilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal.

Cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah adalah dengan mengoleskan pasta gigi secara merata pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »