Fakta-Fakta Unik 2 Panda Raksasa Di Taman Safari Bogor

ini_fakta_fakta_unik_2_panda_raksasa_di_taman_safari_bogor
Panda Hu Chun | Sumber foto: merdeka.com/arie basuki

Kamera Digital - Sepasang panda raksasa Cai Tao dan Hu Chun telah beradaptasi di rumah barunya di Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor.

"Panda adalah satwa yang sensitif terhadap suara yang terlalu ramai. Sama seperti satwa liar lain mereka memang tidak suka suasana yang terlalu berisik," kata Bongot Huaso Mulia, dokter Hewan TSI, Rabu (11/2). Demikian dikutip situs berita Antara.

Menurutnya, jika terlalu berisik dan ramai orang akan mempengaruhi dari segi tingkah lakunya seperti membuat takut. Jika panda sudah takut, efeknya mereka tidak mau makan.

Di tempat asalnya panda hidup di wilayah ketinggian yang jauh dari keramaian. Menyukai suasana hening, memiliki penciuman dan pendengaran yang kuat. Sehingga jika begitu ramai suara, ia akan mengetahuinya.

Hanya tim dokter dan keeper (pelatih satwa) yang sudah dikenal olehnya yang dapat mendekat dengan panda. Untuk bisa dikenal oleh panda membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk beradaptasi lewat bau dan suara.

"Panda itu mengenal lewat bau kita, kalau sudah kenal baru mau dekat," kata Bongot.

Selain suara, panda juga sensitif terhadap "flash atau blizt" kamera. Jika terkena cahaya camera juga berpengaruh pada tingkah lakunya, membuat takut.

Oleh karena itu pihak TSI memberlakukan aturan bagi pengunjung yang ingin melihat panda tidak boleh memotret atau bersuara. Pengunjung juga tidak diperbolehkan memberi makan satwa langka tersebut.

"Yang kita khawatirkan pengunjung membuang sampah atau sisa makanan atau memberikan makanan kepada panda yang kita tidak tau asal usulnya, misalnya bambu, atau mengandung zat pewarna yang tidak bisa dicerna oleh panda, dikhawatirkan mengganggu kesehatan panda," katanya.


panda hu chun dan cai tao ditaman safari indonesia

Panda memiliki masa hidup 35 tahun di kawasan konservasi, tetapi di alam hanya sekitar 20 tahun. Ini dikarenakan habitatnya di alam, di mana panda harus bertahan hidup mencari makan sendiri, musim salju menjadi tantangan berat, yang menyebabkan banyak panda mati karena sulit bertahan hidup di alam.

"Tantangan hidup di alam, selain mencari makan sendiri, juga ada predator, harus berbagi makanan dengan panda lainnya, dan berkompetisi dengan manusia yang juga mengkonsumsi bambu dan rebung," katanya.

Selama di konservasi panda mendapatkan persediaan makan cukup, hal ini menyebabkan panda dapat hidup lebih lama karena peluang hidupnya lebih tinggi dibanding di alam bebas.

Panda termasuk satwa soliter tidak berkoloni. Seekor panda jantan akan menempati satu kawasan teritorialnya, dan tidak boleh ada panda lain yang mendekati daerah kekuasaannya. Panda akan berkumpul apabila memasuki musim kawin. Untuk di Indonesia kemungkinan musim kawin berlangsung di bulan Juni atau Juli.

Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang mengatakan setelah berhasil melakukan karantina terhadap dua panda raksasa, pihaknya menargetkan tahun depan akan lahir bayi panda dari pasangan Cai Tao dan Hu Chun.

Anak panda yang dilahirkan oleh pasangan panda ini kelak akan dikembalikan dan menjadi miliki pemerintah Tiongkok sebagai peminjam.


Tingkah lucu Panda Hu Chun dan Cai Tao di Taman Safari Indonesia

Panda dari China Hu Chun (betina) saat bermain di dalam kandangnya di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11). Dua ekor panda raksasa asal China bernama Hu Chun dan Cai Tao, saat ini pada November 2017, akan diperkenalkan ke publik.

20171101133312_tingkah_lucu_panda_hu_chun_dan_cai_tao_di_taman_safari_indonesia_002_debby_restu_utomo
Sumber foto: merdeka.com/arie basuki

Hu Chun (betina) menikmati makanannya saat di dalam kandang di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

20171101133314_tingkah_lucu_panda_hu_chun_dan_cai_tao_di_taman_safari_indonesia_003_debby_restu_utomo

Panda jantan Cai Tao bermain di dalam kandangnya di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

Panda jantan Cai Tao

Pengunjung mengambil gambar seekor panda jantan bernama Cai Tao yang tengah bermain di dalam kandangnya di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

panda cai tao

Panda betina Hu Chun berteduh di dalam lubang batu di dalam kandangnya di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

Panda Hu Chun

Petugas penjaga kebun binatang memberikan imbauan kepada pengunjung agar tidak berisik saat melihat panda jantan Cai Tao di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

panda cai tao ditaman safari bogor

Panda betina Hu Chun sedang menikmati makanannya, di dalam kandangnya di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

Panda betina Hu Chun

Panda betina Hu Chun menikmati makanannya di dalam kandangnya di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

Panda betina Hu Chun

Panda betina Hu Chun menikmati makanannya di dalam kandangnya di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

Panda betina Hu Chun

Panda betina Hu Chun menikmati makanannya di dalam kandangnya di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor (1/11/2017).

Panda betina Hu Chun

Previous
Next Post »