Apa Benar Usir Setan Bisa dengan Garam? Ini Penjelasannya

garam

Kamera Digital - Anda masih ingat pernyataan orang zaman dulu, “Biar rumah aman dari hantu atau setan, taburin garam aja dekat pintu!”?

Percaya atau tidak, pernyataan tersebut pun mungkin pernah Anda coba. Bahkan, ketika melihat setan secara langsung, Anda buru-buru ke dapur dan melemparkan garam ke arah tempat Anda melihat setan tersebut.


Tapi, bagaimana bisa garam mengusir setan?

Dirangkum dari beberapa referensi, jika melirik pada pernyataan ilmiah, yang perlu Anda ketahui adalah setan memiliki muatan negatif atau elektromagnetik. Nah, garam mengandung ion positif yang bisa menetralisir ion negatif.

Karena itu, akhirnya banyak yang beranggapan bahwa garam mampu mengusir setan. Sebab, dengan kata lain, setan yang “disembur” garam akan langsung berubah menjadi netral dan wujudnya akan hilang karena bermuatan netral.

Sedikit pengetahuan, ternyata Rasulullah SAW tidak pernah menabur garam untuk mengusir hantu, melainkan untuk mengusir kalajengking di jari tangannya. Setelah shalat, Rasulullah keluar dan berkata,

“Semoga Allah melaknat kalajengking, ia tidak membedakan antara nabi dan orang lain.”

Rasulullah saw lalu meminta diambilkan bejana berisi air dan garam lalu merendam bagian yang disengat itu kedalam bejana tersebut sambil membaca surah Al-Kafirun dan muawwidzatain hingga sakitnya hilang.

Sementara itu, untuk membentengi rumah dari makhluk halus, Nabi SAW menganjurkan agar membaca doa saja.

"Barangsiapa yang ketika sore membaca : “Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syaeun fil ardhi wa laa fis samaai wa huwas samii’ul ‘aliim” tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai pagi, dan barangsiapa yang membacanya ketika pagi tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai sore." (HR. Ath-Tirmidzi, dan hadits ini derajatnya hasan sebagaimana dalam Shahih Sunan Imam ath-Tirmidzi.dan dishahihkan oleh Imam Al-Albany)

Adapun hadits yang kedua, Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibaca surah Al Baqarah." (H.R Muslim).

Hadits yang pertama berkaitan dengan perlindungan untuk diri dan hadits yang kedua pembentengan rumah atau pengusiran setan dari rumah dengan bacaan surat Al Baqarah. Itulah yang diajarkan Nabi SAW kepada umat Islam.

Adapun memohon perlindungan dari gangguan setan dari rumah baru, kamar hotel, atau tempat yang dianggap seram adalah dengan membaca doa ini:

A'udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq

"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya." (HR. Muslim)



Nah belum ada penelitian ilmiah dan autentik terkait keterlibatan garam dalam mengusir makhluk halus. Sebaiknya terus menjaga diri dengan dekat kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar terlindung dari godaan setan yang terkutuk.

Previous
Next Post »