5 Tanaman Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Tembakau

Tembakau

Kamera Digital - Alam menghadirkan beragam sumber kehidupan berupa tumbuhan yang bisa menjadi bahan konsumsi bagi manusia. Namun dari sekian banyaknya tumbuhan yang disediakan alam, ada juga jenis-jenis tertentu yang memiliki bahan berbahaya.

Karena bahan-bahan tersebut, tanaman itu pun memiliki predikat sebagai tumbuhan paling mematikan di dunia. Apa saja tanaman tersebut? Berikut ini daftarnya yang dirangkum dari situs Britannica.


Tembakau

Tembakau

Tembakau adalah tanaman non-pangan komersial yang paling banyak ditanam di dunia. Semua bagian tanaman, terutama daunnya, mengandung racun alkaloid nabati dan anabasine, dan bisa berakibat fatal jika dimakan.

Meskipun penunjukannya sebagai racun jantung, nikotin dari tembakau banyak dikonsumsi di seluruh dunia dan keduanya bersifat psikoaktif dan adiktif. Penggunaan tembakau menyebabkan lebih dari 5 juta kematian per tahun, menjadikannya tanaman paling mematikan di dunia.


Oleander

Oleander

Dijelaskan oleh Pliny the Elder in Ancient Rome, oleander adalah tanaman yang indah yang dikenal dengan bunga warna mencoloknya. Meskipun umumnya tumbuh sebagai tanaman hias, semua bagian tanaman oleander mematikan dan mengandung glikosida ganas yang dikenal dengan oleandrin dan neriine.

Jika dimakan oleander bisa menyebabkan muntah, diare, denyut nadi tak menentu, kejang, koma, dan kematian, dan kontak dengan daun dan getah diketahui mengiritasi kulit pada beberapa orang.

Untungnya, korban jiwa akibat keracunan oleander jarang terjadi, karena tanaman ini sangat pahit dan dengan demikian cepat menghalangi pengambilan sampel vegetasi.


Rosary Pea

Rosary Pea

Disebut juga sebagai kacang jequirity, biji tanaman ini mengandung abrin, protein penghambat ribosom yang sangat mematikan. Tanaman ini sering ditemukan di daerah tropis dan akan mematikan jika seseorang mengunyah biji tersebut.

Hanya dibutuhkan 3 mikrogram abrin untuk membunuh orang dewasa atau kurang dari jumlah racun dalam satu biji. Tumbuhan ini juga dapat mengakibatkan kegagalan organ dalam empat hari.


Castor Bean

Castor Bean

Biji tanaman ini secara alami mengandung racun ricin dan sangat mematikan dalam jumlah kecil. Hanya dibutuhkan satu atau dua biji untuk membunuh anak dan sampai delapan biji untuk membunuh orang dewasa.

Ricin bekerja dengan menghambat sintesis protein dalam sel dan dapat menyebabkan muntah, diare, kejang, dan bahkan kematian yang parah. Racun tersebut digunakan pada tahun 1978 untuk membunuh Georgi Markov, seorang wartawan yang berbicara menentang pemerintah Bulgaria.


Snakeroot Putih

Snakeroot Putih

Snakeroot putih adalah ramuan Amerika Utara dengan kelompok bunga putih kecil yang dirata-ratakan mengandung alkohol beracun yang dikenal sebagai trematol. Gejala keracunan meliputi hilangnya nafsu makan, mual, lemah, ketidaknyamanan perut, lidah yang memerah, kelainan asam darah, dan kematian.

Racun dalam bunga Snakeroot putih bahkan masih bisa ditemukan dalam susu sapi yang memakan tumbuhan ini. Hal ini pernah terjadi pada kematian ibu Abraham Lincoln, Nancy Hanks.

Previous
Next Post »