Pemandangan Unik Rumah-Rumah 'keras kepala' Yang Menolak Dibeli Pengembang

rumah paku

Kamera Digital - Masih ingat dengan UP!?, kartun tentang pria manula yang memilih menerbangkan rumahnya dengan ribuan balon daripada digusur? Ternyata kartun tersebut terinspirasi dari cerita nyata tentang seorang pemilik rumah mungil yang menolak menjual rumahnya kepada pengembang.

Kisah serupa terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Di China, rumah-rumah 'keras kepala' ini disebut rumah paku. Dinamai demikian karena pemiliknya benar-benar ngotot mempertahankan tempat tinggal seperti paku yang susah dicabut dari dinding.

Beberapa pemilik rumah paku masih bertahan hingga saat ini. Bangunan milik mereka jadi seperti terpenjara di antara gedung-gedung bertingkat yang lebih modern. Tetapi di sisi lain juga menyuguhkan pemandangan yang unik.


1. Ini adalah rumah terakhir yang berdiri di lahan yang kemudian dibangun kompleks Shanghai World Expo.

rumah paku

Pada tahun 2010, rumah tersebut berada di pelataran parkir yang jauh lebih mewah. Namun pada akhirnya, Shi Yuji sang pemilik bangunan harus merelakan rumah miliknya digusur.

2. Nama Edith Macefield terkenal bak selebriti karena kekeraskepalaannya dalam menolak pembelian rumah miliknya di Ballard, Seattle, Amerika Serikat.

rumah paku

Macefield menolak pembayaran $ 1 juta yang ditawarkan oleh pengembang. Kabarnya rumah inilah yang menjadi inspirasi untuk film UP!

3. Ini adalah separuh duplex ikonik yang ada di St. Patrick Street, Toronto, Kanada. Duplex adalah rumah yang dibagi menjadi dua apartemen terpisah. Rumah ini termasuk salah satu bangunan bersejarah di Toronto.

Pada tahun 1950-an, salah satu pemilik duplex menjual propertinya kepada pengembang yang sudah membeli seluruh bangunan di sana.

rumah paku

Namun pemilik satunya menolak menyerahkan kediamannya. Jadilah duplex yang tinggal separuh itu berhimpitan dengan pelataran parkir yang baru dibangun.

4. Di Guangzhou, pihak berwenang harus membangun jalan lingkar di sekitar blok rumah susun ini karena tiga keluarga menolak menjual rumah mereka.

rumah paku

Rencana awalnya, rumah-rumah di daerah tersebut digusur agar bisa dibangun jaringan jalan raya yang terhubung dengan terowongan di bawah Sungai Mutiara.

5. Randal Acker merasa enggan untuk menjual rumah bergaya Ratu Victoria yang dimilikinya di Portland, Oregon, Amerika Serikat.

rumah paku

Karena itulah asrama Portland State University harus dibangun mengelilingi bangunan tersebut.

6. Cafe Oudjane S yang berlokasi di 133 Rue de Tourcoing, Prancis termasuk bangunan terakhir yang masih berdiri di Roubaix. Pemiliknya dalah Salah Oudjane.

Pria lanjut usia tersebut nekad mempertahankan kafe yang sudah dikelolanya selama 46 tahun.

rumah paku

Untungnya kini sudah dibangun jalan raya di Roubaix. Kafe Oudjane pun jadi tempet persinggahan para pengendara yang ingin beristirahat sejenak.

7. Di kolong jembatan layang yang ada di Allmendstrasse, Zurich-Brunau, Switzerland terdapat sebuah rumah cantik yang 'kesepian'.

rumah paku

Tak ada bangunan serupa yang lain sejauh mata memandang.

8. Kalau rumah yang ini berada di Pennsylvania Avenue, Washington D.C.

rumah paku

Bangunan tersebut tampak begitu mencolok di antara gedung-gedung kaca yang mendominasi kawasan.

9. Pihak Victoria Hotel Amsterdam, Belanda tak berhasil mendapatkan hak kepemilikan sebuah rumah mungil yang berada di atas lahannya. Jadi hotel mewah tersebut terpaksa dibangun di atasnya.

rumah paku

Sekarang rumah mungil bercat hitam itu masih berdiri tegak. Hanya saja sudah berubah fungsi menjadi toko cindera mata.

10. Ini adalah kompleks bangunan Wickhams Department Store di Mile End Road. Terlihat aneh karena seperti terpotong dan diselipi bangunan mungil di tengahnya.

rumah paku

Ternyata pemilik Wickhams tak bisa mengubah pendirian pemilik salah satu bangunan di atas lahan yang rencananya akan mereka pakai untuk perluasan bangunan.

11. Sebuah rumah paku mungil di Nanning, China seolah menantang pembangunan yang berlangsung di sekitarnya.

rumah paku

Foto tersebut diambil pada bulan April 2015 ketika si pemilik rumah dan pihak pengembang masih tarik ulur perihal kesepakatan uang kompensasi.

12. Rumah empat lantai yang tampak seperti dijepit dua gedung menjulang ini merupakan salah satu bangunan lama di West End Avenue. Pemilik terdahulunya adalah Mary Cook.

rumah paku


Itulah beberapa rumah paling 'keras kepala' yang menolak untuk kepada para pengembang. Adakah bangunan unik seperti ini di sekitarmu?

Previous
Next Post »