Sejuta Manfaat Minum Susu, Bantu Tidur Lebih Nyenyak hingga Turunkan Risiko Diabetes

Manfaat susu

Kamera Digital - Susu biasanya hanya kita minum saat sarapan atau sebelum tidur. Namun, ternyata untuk minum susu tidak perlu waktu khusus. Pasalnya, susu itu sama halnya dengan air bisa menghindari dehidrasi, hanya memiliki kandungan yang lebih lengkap, dan perlu dikontrol jumlah yang dikonsumsi tubuh.

"Untuk menggemukkan badan, saya pernah minum susu sampai 3 liter perhari, tapi standarnya manusia dewasa harus minum susu setidaknya 2 sampai 3 gelas perhari," ucap Matthew Blaylock BS, PhD, MP, NLP, ACMC, dosen sekaligus ahli gizi sebuah universitas di Malang, dalam sebuah kesempatan di Peternakan PT Greenfields Indonesia, pada Kamis 23 November 2017 lalu.


Manfaat susu sapi

Tidak hanya mampu meningkatkan bobot tubuh, susu pun masih memiliki ragam manfaat bagi tubuh manusia. Jika diminum pada malam hari, susu bisa membuat tidur seseorang lebih rileks, dan nyenyak.

"Orang yang minum susu sebelum tidur akan lebih rileks, dan nyenyak tidurnya, sebab susu mengandung dua protein, yaitu whey protein, casein protein yang bisa menolong orang tahan lapar, dan merasa kenyang. Selain itu, ada asan amino yang bisa membuat orang tidur nyenyak," tambah Matt panggilan akrab Matthew.

Tidak cukup sampai di situ saja, bule Amerika Serikat yang telah tinggal di Indonesia selama 12 tahun, dan mengajar di salah satu universitas di Malang, Jawa Timur tersebut juga menyebutkan manfaat susu yang lainnya.

Susu sapi segar yang telah diproses, dan dipasteurisasi dengan tepat, memiliki kualitas tinggi, serta bermutu, bisa membuat seseorang yang rutin mengonsumsinya terhindar dari risiko diabetes tipe 2 sekira 12%.

"Sebuah penelitian menyebutkan, ada setengah juta orang yang mengonsumsi lebih banyak susu, memiliki penurunan sebanyak 12 persen kadar risiko diabetes tipe 2, dibandingkan orang yang lebih sedikit mengonsumsi susu," imbuhnya.

Hanya, kebiasaan sebagian orang Indonesia yang hanya mengonsumsi susu pada usia balita saja, dan terbatas hanya pada sarapan atau sebelum tidur, membuat kebiasaan minum susu orang Indonesia lebih sedikit dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Padahal, susu memiliki manfaat yang tiada duanya, dan tidak bisa digantikan dengan makanan lainnya. Kalaupun dapat digantikan, Matt mengatakan seseorang itu harus makan sayur atau buah dalam jumlah yang sangat banyak, dan hal tersebut rasanya tidak mungkin.

"Kalsium yang terdapat dalam susu juga bermanfaat untuk pembentukan enamel gigi," ujarnya.

Lebih lanjut, Matt juga menginformasikan pada awak media yang hadir dalam suatu kesempatan ketika ia presentasi, bahwa susu kental manis bukanlah susu murni. Pasalnya, susu kental manis mengandung banyak gula, bisa memicu bakteri yang membuat gigi rusak. Untuk itu, Matt menganjurkan lebih baik tidak memberi susu kental manis pada anak.

Previous
Next Post »