Tutorial Menghubungkan Smartphone Android Dengan Kamera DSLR Nikon Yang Wajib Anda Tau

Tutorial Menghubungkan Smartphone Android Dengan Kamera DSLR Nikon

Sebelum membahas Tutorial Menghubungkan Smartphone Android Dengan Kamera DSLR Nikon, Camera sudah Tak lagi barang mewah dikalangan banyak orang, banyak orang yang kini memilikinya, terlebih bagi pecinta Fotografi, dan juga untuk Usaha contohnya pelaku Modelling, harga memang belum tergolong pass di kantong, tapi Tak menghalangi banyak orang dan anak anak memilikinya, termasuk para mahasiswa pun kini sudah banyak dan yang memilikinya .

Smartphone ternyata Tak terbatas penggunaanya hanya untuk sekedar berkomunikasi dan foto foto aja, melainkan juga Bisa dimanfaatkan untuk menjadi asisten dari kamera DSLR. Pemanfaatannya Tak hanya sekedar untuk mengirim atau mengunggah file foto aja melainkan Bisa digunakan dengan berbagai manfaat. Syarat utama untuk mengghubungkan smartphone anda dengan kamera DSLR anda merupakan pada smartphone anda terlebih dahulu.

Smartphone anda wajib mendukung kemampuan OTG, dan untuk mengetahuinya anda Bisa mengunduh aplikasi pengeceknya di Playstore dengan nama USB OTG Checker. bila smartphone anda support maka hal lain yang anda butuhkan merupakan kabel OTG guna menghubungkan kabel data dengan smartphone. Setelah kabel OTG sudah anda peroleh, software yang paling penting yang anda perlukan dalam tutorial ini merupakan DslrDashboard.apk. Anda wajib mencarinya di Google sebab aplikasi ini Tak tersedia di Playstore.

Perlengkapan lainnya yang Bisa anda pakai merupakan stand untuk smartphone dan DSLR sehingga ruang flash eksernal Bisa dipasang layar tambahan dari smartphone. Untuk sinkronisasinya, berikut tutorial menghubungkan smartphone android dengan kamera DSLR Nikon.

1. Pasang USB OTG anda dengan kabel data yang sudah terpasang pada kamera. bila dirasa kabelnya terlalu panjang dan mengganggu, anda Bisa menggulungnya dengan karet atau mencari kabel USB yang lebih pendek.

2.Sambungkan kabel OTG dengan port USB smartphone dan tunggu hingga terdeteksi olehDslrDashboard. Atau apabila masih belum terdeteksi, anda Bisa membuka DslrDashboard di menusmartphone anda.

3. Tekan “Search for USB Camera” maka anda akan langsung terhubung pada halaman menu utama.

bila anda memperhatikan, menu utama dari DslrDashboard ini sama seperti setting dari kamera DSLR bagus menu setting ataupun menu foto seperti kecepatan rana, ISO, exposure hingga kualitas foto Bisa anda atur disini. Singkatnya, aplikasi DslrDashboard mengubah smartphone anda menjadi layar tambahan yang juga layar sentuh, keren bukan? bila kamera anda mempunyai kemampuan Live View, maka smartphone anda akan menampilkan gambar yang sama dengan yang ada di LCD kamera. Hal ini tentunya akan sangat membantu anda dalam mengecek hasil jepretan anda di layar dengan resolusi yang lebih tinggi atau ukuran yang lebih besar seperti tablet.

4. DslrDashboard juga Bisa membuka file file yang tersimpan didalam kamera anda dan memindahkannya ke smartphone anda. Caranya dengan memilih di menu utama kotak bertuliskan JPEG. bila foto masih belum terlihat, tekan tombol  panah keatas dan kebawah untuk merefresh thumbnails. Anda Bisa membuka hasil foto anda langsung di smartphone. Anda juga Bisa memindahkannya langsung ke smartphone.

Fungsi lain dari DslrDashboard

-  Sebagai tombol shutter jarak jauh, gunakan kabel yang lebih panjang. Sangat bermanfaat untuk berburu star trail atau fotografi dalam kondisi minim cahaya.

- Sebagai layar tampilan kedua, Bisa digunakan untuk memata matai.

- Backup foto ke smartphone

Previous
Next Post »