5 Tutorial Foto Makro memakai Kamera Saku Yang Wajib Kita Tau

5 Tutorial Foto Makro memakai Kamera Saku

Sebelum bicara seputar 5 Tutorial Foto Makro memakai Kamera Saku, Camera kini bukan lagi gadget mewah pada sebagian orang, banyak orang yang kini memilikinya, terlebih bagi penikmat Fotografi, dan yang dibuat untuk Bisnis contohnya pelaku Modelling, harga memang belum tergolong pass di kantong, tapi Tak menjadi kendala sebagian orang dan anak anak memilikinya, termasuk para siswa pun saat ini sudah banyak juga yang memilikinya .

5 Tutorial Foto Makro memakai Kamera Saku - Umumnya, mungkin anda akan memakai kamera DSLR atau SLR untuk mengambil foto makro (close up). Namun sayangnya untuk menemui kamera jenis ini budged yang dibutuhkan pun cukup besar, terlebih lagi bila anda menginginkan lensa makro sebagai pengoptimal gambar.

Akan akan tetapi saat ini anda tak wajib khawatir lagi, sebab dengan memakai kamera saku pun anda Bisa menghasilkan foto makro yang bagus. ya meskipun hasilnya tak akan semaksimal bila memakai kamera DSLR ataupun SLR.


Nah beberapa Tutorial ini mungkin akan membantu anda menemui foto makro lebih maksimal dengan memakai kamera saku.

1. Mode makro
Saat ini fitur pada kamera saku sudah cukup beragam, dan salah satunya merupakan fitur mode makro. Umumnya, mode makro ini dilambangkan dengan bunga.Setelah mengaktifkan mode ini, setelah itu anda akan diberitahu untuk menjalankan pemotretan pada titik fokus yang lebih dekat (biasanya pada setiap kamera saku akan mempunyai jarak fokus dekat yang berbeda satu sama lain).
Pada mode makro inipun berarti kamera telah diatur pada aperture besar, sehingga objek foto akan jauh lebih fokus dan tajam dibanding dengan backgrondnya.

2. Gunakan tripot
Siapa bilang tripot hanya Bisa digunakan untuk kamera DSLR atau SLR aja, anda pun Bisa memakai tripot untuk pengambilan foto memakai kamera saku. Untuk pengambilan foto makro memakai kamera saku ini sendiri tripot berfungsi untuk menambah ketajaman foto.
Sebab dengan memakai tripot kamera akan lebih tenang dan Tak mudah goyang. Selain itu, tripot juga akan mempermudah anda dalam membangun komposisi serta sudut pemotretan yang lebih bagus.

3. Setting Apertur
Meskipun sudah dalam mode makro, namun beberapa kamera saku saat ini pun sudah dilengkapi pengaturan apertur pada mode makro. Nah bila kamera yang anda gunakan sudah mempunyai fitur ini, maka buatlah pengaturan apertre terbesar yaitu f/x.bila anda menginginkan objek yang fokus cukup luas maka lakukan pengaturan pada posisi f, sedangkan untuk objek dengan titik fokus sempit maka atur apertur pada posisi x. Untuk angka teraman sendiri yaitu pada f/4 atau f/5.6.

4. Fokus
Apabila kamera saku yang anda gunakan sudah didukung dengan pengaturan fokus manual, maka manfaatkanlah. Sebab dengan pengaturan fokus manual objek fokus akan lebih mudah didapat.
Nah biasanya, pada mode makro pengaturan fokus manual akan jauh lebih mudah dilakukan dibanding pada mode auto.

5. Komposisi
Sebenarnya untuk pengaturan komposisi yang bagus Tak hanya diperlukan untuk pengambilan foto makro. Hanya aja, untuk menemui foto makro yang lebih sempurna dengan memakai kamera saku, maka komposisi background wajib jauh lebih diperhatikan. Dimana anda sebaiknya memilih background yang simple sehingga penempatan fokus pada objek jauh lebih mudah.

Jadi, untuk menghasilkan foto yang bagus tak wajib memakai kamera DSLR ataupun SLR bukan? asalkan anda pandai mengatur kamera dan mengambil moment yang pas maka foto yang dihasilkan pun tak kalah bagusnya.

Previous
Next Post »