Memahami Apa dan Maksud Pengertian White Balance dalam Forografi Yang wajib Kita Ketahui

Memahami Apa dan Maksud Pengertian White Balance dalam Forografi

Sebelum membahas Memahami Apa dan Maksud Pengertian White Balance dalam Forografi, Kamera Fotografi sudah bukan lagi gadget mewah pada sebagian orang, banyak orang yang kini memilikinya, apalagi bila kita penikmat Fotografi, dan yang dibuat untuk Bisnis misalnya seorang Fotografer, harga memang belum tergolong pass di kantong, tapi Tak menghalangi banyak orang dan anak anak memilikinya, bahkan para siswa pun kini sudah banyak dan yang memilikinya .

Memahami Apa dan Maksud Pengertian White Balance dalam Forografi - Pada suatu kamera digital itu pasti pernah menemui istilah white balance dalam dunia fotografi. Maka maksud arti itu white balance? Baiklah dan marilah kita bahas dengan teori yang kita ketahui dan juga sangat dimengerti.

Pengertian White Balance dalam Forografi

Apa Maksud White Balance?

Artinya White balance merupakan aspek yang penting dalam dunia fotografi dan sangat berpengaruh pada hasil foto. Alasan kenapa kita wajib memahami white balance merupakan sebab kita mau warna foto milik kita seakurat mungkin.

Foto diatas merupakan foto yang identik, bahkan berasal hanya dari satu foto. Saya mengubah setting white balancenya dan hasilnya: ketiganya sangatlah berbeda dalam segi warnanya. Foto A merupakan Auto White Balance, foto B memakai Daylight, foto C memakai Shade, foto D memakai Cloudy, foto E memakai Tungsten dan foto terakhir memakai Flash.

Perhatikan juga warna cahaya lampu neon dan lampu bohlam, pasti beda kan? itu sebab masing-masing neon dan juga bohlam mempunyai ”temperatur warna“ yang berbeda. Cahaya yang kekuningan (bohlam) disebut dengan nama hangat sementara cahaya yang kebiruan (neon) dinamakan dingin.

Alasan kenapa kamera butuh setting white balance merupakan kita memotret dalam kondisi pencahayaan yang sering berubah-rubah. Mata telanjang kita merupakan alat yang canggih dan juga mampu beradaptasi terhadap perubahan warna cahaya, jadi kertas putih akan tampak putih untuk kita. Tapi kamera Tak secanggih mata, sebab itu kertas putih belum pasti terlihat putih untuk kamera dalam pencahayaan yang berbeda.

Jadi tujuan dari setting white balance merupakan memerintahkan kamera supaya mengenali temperatur sumber cahaya. Supaya yang putih terlihat asli atau putih, merah terlihat merah dan juga hijau terlihat hijau atau dengan Perkataan lain supaya kamera merekam warna obyek sesuai kondisi pencahaayan apapun.

White Balance Preset

Anda juga Bisa memakai pilihan atau preset bila tersedia di kamera anda:
Auto – kamera akan menebak temperatur warna berdasarkan program yang ditanam oleh pembuat kamera. Anda Bisa menggunakannya pada banyak situasi, tapi Tak disetiap situasi.
Tungsten – disimbolkan dengan ikon lampu bohlam. sebab itu cocok digunakan saat anda memotret di ruangan dengan sumber cahaya dari lampu bohlam.

Fluorescent – disimbolkan dengan ikon neon, gunakan saat memotret di ruangan dengan pencahayaan dari lampu neon.

Daylight –  disimbolkan dengan matahari, gunakan saat berada di bawah sinar matahari

Cloudy – disimbolkan dengan ikon awan, gunakan saat memotret di cuaca mendung

Flash – simbolnya kilat, bila anda mau memakai lampu flash gunakan preset ini.

Shade – biasanya ikonnya rumah atau pohon, gunakan saat memotret dalam rumah atau saat
berada di daerah bayangan.

Cara Setting White Balance dengan cara Manual

Beberapa kamera menyediakan fasilitas setting white balance dengan cara manual. Setting manual merupakan cara yang paling akurat bila kita bingung dengan sumber cahaya kita. Ini biasanya terjadi saat pemotretan dengan sumber pencahayaan yang sangat kompleks (lebih dari satu jenis pencahayaan).

Previous
Next Post »